Microsoft Office Excel

MICROSOFT OFFICE EXCEL

Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet yang bekerja di bawah system opersi Windows.Dalam Microsoft Excel, file disebut juga workbook. Workbook merupakan file lembar kerja Excel yang sedang aktif dan terdiri atas beberapa worksheet. Daftar data, menghitung angka-angka, membuat laporan dengan diagram dan grafik dapat dikerjakan dengan mudah menggunakan Microsoft Excel.

Ada beberapa cara untuk memulai Microsoft Excel !!
Melalui icon Microsoft Excel pada folder Programs.
Caranya:
Start  Programs  Microsoft Excel.
Melalui folder New Office Document pada menu start.
Caranya:
Start  New Office Document  Workbook  OK
Melalui folder Open Office Document pada menu start.
Caranya:
Start  Open Office Document  Workbook pada kotak Files of type  cari folder yang berisi file-file lembar kerja Excel  OK.


Fungsi dalam Microsoft Excel

FUNGSI STATISTIK
A.Sum
Fungsi SUM digunakan untuk penjumlahan terhadap seluruh data angka dalam suatu range.
B.Average
Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sederetan data angka dalam range.
C.Max
Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sederetan data angka dalam range.
D.Min
Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari sederetan data angka dalam range.
E.Count
Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung berapa banyak sel yang terisi data yang terdapat dalam range.

Bentuk umum: =FUNGSI(range awal:range akhir)

FUNGSI LOGIKA IF
A.Fungsi IF dengan 1 Syarat dan 2 Pilihan
Fungsi logika yang digunakan untuk menentukan pilihan atau mnguji suatu kondisi/persamaan. Jika kondisi bernilai benar maka pilihan-1 akan dikerjakan. Jika kondisi bernilai salah akan mengerjakan pilihan-2.

Bentuk umum: =IF(Sel yang diuji, Pilihan-1, Pilihan-2)

B.Fungsi IF Majemuk
Fungsi logika IF Majemuk adalah suatu fungsi logika yang persyaratannya 2 dan pilihannya 3 atau lebih.

Bentuk umum: =IF(Sel yang diuji-1,Pilihan-1,IF(Sel yang diuji-2,Pilihan-2,
Pilihan-3,....))

FUNGSI TEKS
A.=LEFT(data teks,jumlah karakter)
Pengambilan karakter dari kiri
B.=RIGHT(data teks,jumlah karakter)
Pengambilan karakter dari kanan
C.=MID(data teks,posisi karakter,jumlah karakter)
Pengambilan karakter dari tengah

FUNGSI PEMBACAAN TABEL
Fungsi ini digunakan untuk melakukan proses pemeriksaan atau pembacaan suatu data table.
A.=VLOOKUP(sel acuan,tabel,kolom)
Pembacaan tabel data yang tersusun secara vertikal
B.=HLOOKUP(sel acuan,tabel,baris)
Pembacaan tabel data yang tersusun secara horizontal.


Membuat Chart (Grafik)

Untuk membuat grafik, datanya harus diketik terlebih dahulu ke dalam worksheet. Perlu diperhatikan bahwa baris dibawah judul tidak boleh ada yang kosong. Dengan demikian Excel akan lebih muda mengerti bahwa tulisan diatas angka-angka tsb merupakan judul setiap kolom. Usahakan untuk menulis judul kolom dalam 1 sel.
Langkah-langkah:
1.Blok data yang akan dibuat grafik
2.klik Insert
3.klik Chart maka akan tampil pilihan bentuk grafik
4.pilih dan klik salah satu bentuk grafik yang diinginkan
5.klik Next
6.pada Series in pilih dan klik Column
7.klik Next
8.pada kotak Chart Title ketik Judul di atas grafik
9.pada Category (X) axis ketik judul di bawah grafik
10.pada Value (Z) axis ketik judul di samping grafik
11.klik Legend dan atur
12.pada Placement pilih dan klik Right
13.klik Next
14.pilih dan klik As new sheet/As object in
15.klik Finish

0 komentar: